6 Teknik Penetration Pasar Supaya Usahamu Sukses

Pelajari teknik pasar penetration yang bisa meningkatkan pemasaran dan pertumbuhan usahamu dengan sukses melalui panduan lengkap ini.
6 Teknik Penetration Pasar Supaya Usahamu Sukses
6 Teknik Penetration Pasar Supaya Usahamu Sukses

Ada beragam teknik yang dapat kamu aplikasikan sebelum meluncurkan usaha untuk meningkatkan pemasaran. Salah satunya adalah pasar penetration atau penetrasi pasar. Apakah itu pasar penetration? Diambil dari situs Investopedia, pasar penetration adalah ukuran berapa banyak produk atau layanan digunakan oleh pelanggan dibandingkan dengan total perkiraan pasar untuk produk atau layanan tersebut.

Penetrasi pasar ini bisa digunakan sebagai teknik untuk meningkatkan market share produk atau layanan tertentu. Pasar penetration untuk perusahaan umumnya ditentukan dalam persentase, yang berarti produk perusahaan mewakili persentase tertentu dari total pasar untuk produk tersebut. Dikutip dari HubSpot, berikut rumus perhitungan pasar penetration yang perlu kamu ketahui:

(Jumlah Pelanggan / Ukuran Target Pasar) x 100 = Tingkat Penetrasi Pasar

Jika sebuah perusahaan memiliki penetrasi pasar yang tinggi untuk produknya, mereka dianggap sebagai pemimpin pasar di industri tersebut. Kamu perlu memantau penetrasi pasar secara berkala untuk mengetahui adanya peningkatan atau penurunan penetrasi. Berikut beberapa manfaat bagi perusahaan jika kamu menerapkan teknik pasar penetration:

6 Teknik Pasar Penetration Supaya Usahamu Sukses

Manfaat Pasar Penetration dalam Pemasaran

Teknik untuk Berkompetisi dengan Pesaing

Pasar penetration adalah teknik yang memungkinkan perusahaan kamu bisa berkompetisi dengan pesaing. Perlu kamu ketahui, setiap market share terdiri dari banyak kompetitor, dan mereka menawarkan produk atau layanan yang berbeda untuk menarik pelanggan. Salah satu cara untuk membangun keunggulan dari kompetitor adalah dengan menawarkan harga yang lebih rendah. Dengan demikian, perusahaan kamu bisa menarik lebih banyak pelanggan.

Untuk informasi lebih lanjut tentang taktik pemasaran, baca juga artikel taktik penetratif pasar untuk meningkatkan pemasaran.

Mendukung Pertumbuhan Usaha

Teknik penetrasi pasar yang tepat bisa mendorong pertumbuhan usaha kamu dalam jangka panjang. Ini karena perusahaan kamu bisa menghasilkan volume penjualan yang tinggi. Selain itu, teknik penetrasi pasar yang sukses ini bisa membantu kamu menurunkan biaya produksi per unit produk. Pertumbuhan usaha yang semakin baik memungkinkan kamu untuk memperluas saluran distribusinya dengan tujuan meningkatkan layanan pelanggan, memperluas jangkauan merek, dan memaksimalkan penjualan.

Membangun Loyalitas Pelanggan

Manfaat pasar penetration yang selanjutnya adalah bisa membangun loyalitas pelanggan. Masuk pasar dengan harga yang lebih rendah dari para kompetitor pasti menarik perhatian calon pelanggan. Dengan teknik penentuan harga berdasarkan pasar penetration, perusahaan kamu juga bisa mencapai pendapatan besar di awal penjualan produk atau layanan. Supaya teknik marketing kamu semakin sukses untuk mencapai target pendapatan yang sudah ditetapkan, cobalah dukung pasar penetration itu dengan kampanye di berbagai media untuk meningkatkan visibility merek.

Cara Mengaplikasikan Teknik Pasar Penetration

Sesuaikan Harga Produk

Teknik penetrasi pasar yang bisa kamu lakukan adalah menyesuaikan harga produk atau layanan. Mengutip Indeed, menurunkan harga produk atau layanan kamu agar sesuai dengan harga kompetitor bisa membantu meningkatkan market share. Kamu bisa menurunkan atau menaikkan harga produk atau layanan yang ditawarkan dan lakukan penyesuaian pada harga dari para pesaing. Selama produk atau layanan yang kamu tawarkan memiliki nilai setara dengan kompetitor lainnya, maka melakukan penyesuaian harga menjadi cara yang mudah untuk tetap berkompetisi.

Tingkatkan Promosi

Salah satu teknik pasar penetration yang efektif adalah dengan meningkatkan promosi produk atau layanan usahamu. Maka, sebaiknya kamu menyediakan anggaran lebih besar untuk iklan, sehingga bisa meningkatkan visibility merek di mata pelanggan. Promosi dan iklan yang dilakukan secara masif ini bisa menciptakan brand awareness yang tinggi, sehingga kamu mampu mengklaim market share yang lebih besar.

Ketika melakukan promosi, kamu perlu memberikan penawaran yang menarik agar pelanggan semakin terdorong untuk membeli. Ketika produk atau layanan yang kamu tawarkan serupa dengan penawaran lain di pasar, langkah ini bisa menjadi teknik untuk memberikan insentif kepada pelanggan, sehingga mereka ingin memilih produk atau layanan milikmu. Jadi, jangan ragu untuk memberikan diskon khusus selama penawaran produk atau layanan. Ada berbagai media promosi atau iklan yang bisa kamu pilih, baik iklan konvensional atau digital. Pilih jenis media marketing yang sesuai dengan kebutuhan usahamu.

Pastikan Produk Memiliki Kualitas Baik

Agar pemasaran produk atau layanan kamu sukses, kamu bisa menggunakan pasar penetration dengan memastikan barang yang ditawarkan benar-benar berkualitas. Produk yang memiliki kualitas baik tentu akan membentuk citra positif di mata pelanggan. Dengan begitu, pelanggan pun akan lebih tertarik untuk membeli produk atau layanan kamu dibandingkan dengan kompetitor. Oleh karena itu, selalu lakukan analisis produk atau layanan yang ditawarkan. Usahakan selalu untuk mengevaluasi kekurangan dan memperbaiki kualitas barang yang kamu tawarkan kepada pelanggan.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang strategi pemasaran, baca artikel taktik pemasaran penentuan pasar undifferentiated marketing.

Perluas Cakupan

Menurut Marketing91, teknik penetrasi pasar yang berikutnya adalah dengan meningkatkan cakupan. Caranya adalah dengan menemukan lebih banyak distributor saluran dan mitra saluran pemasaran. Salah satu cara yang efektif dalam menambah saluran pemasaran untuk meningkatkan cakupan adalah memanfaatkan teknologi digital. Dalam hal ini, kamu bisa membuat situs web perusahaan atau melakukan penjualan secara online. Dengan meningkatkan cakupan seluas mungkin, pelanggan pun dapat menemukan produk atau layanan kamu lebih mudah. Kamu juga bisa menjangkau lebih banyak pelanggan dan meningkatkan market share melalui saluran distribusi tersebut.

Ciptakan Produk atau Layanan Baru

Teknik lain untuk meningkatkan penetrasi pasar adalah dengan menciptakan dan meluncurkan produk atau layanan baru. Kamu bisa menciptakan produk atau layanan baru yang sesuai dengan target pasar. Dengan demikian, usaha kamu bisa masuk ke pasar baru. Namun, usahakan untuk memasarkan produk atau layanan baru yang memiliki keunggulan dibandingkan kompetitor. Dengan perbedaan yang menjadi keunggulan itu, pelanggan pasti akan terdorong untuk lebih memilih produk atau layanan kamu dibandingkan milik pesaing.

Untuk lebih banyak artikel tentang pemasaran, kunjungi artilkel pemasaran.

Itulah pengertian dan panduan implementasi penetrasi pasar untuk meningkatkan pemasaran usaha. Semoga bermanfaat!