5 Tips Penting Digital Marketing bagi Usaha Kecil

Kini hampir tiap orang memiliki gadget dan terhubung ke internet. Sehingga peran digital marketing mutlak diperlukan guna pengembangan bisnis, menjangkau pasar yang lebih luas. Tak terkecuali bisnis skala kecil. Berikut ini adalah beberapa tips digital marketing bagi usaha kecil.
Tips Penting Digital Marketing bagi Usaha Kecil
Pilih Platform Digital Marketing yang Tepat
Digital marketing memanfaatkan internet. Perlu strategi digital marketing untuk UMKM yang tepat dan efisien serta efektif bagi UMKM (Usaha Micro Kecil dan Menengah). Sehingga tidak boros dan justru membebani anggaran. Terdapat banyak platform digital marketing yang bisa dimanfaatkan.
Kenali dulu karakteristiknya masing-masing, juga dengan cara serta aturan mainnya. Lalu pilih beberapa yang tepat sesuai dengan jenis produknya. Sebagai contoh, IG atau instagram yang lebih fokus pada konten visual, dengan menggunakan gambar atau video yang menarik. Berbeda dengan media X yang dulu disebut tweeter yang lebih menggunakan kekuatan kata-kata singkat, meski juga bisa menampilkan gambar dan video singkat. Beda lagi dengan media Tiktok yang menggunakan konten berupa video singkat yang to the point.
Jika ingin menggunakan video yang lebih panjang guna menampilkan penjelasan produk secara lebih panjang maka bisa manfaatkan youtube. Pastikan dulu jenis konsumen yang disasar menggunakan platform tersebut. Jika memungkinkan maka pertimbangkan untuk membuat website resmi bisnis. Hal ini penting guna meningkatkan rasa percaya konsumen.
Bisa manfaatkan WhatsApp, dan telegram selain email guna menjalin komunikasi dengan pelanggan secara lebih praktis. Manfaatkan juga Google My Business, guna menampilkan profil bisnis di halaman hasil pencarian Google, yang akan mencantumkan alamat, dan jam operasional, serta review konsumen, juga rating bisnis. Hal ini akan memudahkan calon konsumen untuk bisa menemukan.
**Baca juga:** Cara agar jualan laris manis banyak pembeli
Buat Konten yang Sesuai yang Berkualitas
Sesuaikan jenisnya dengan kualitas yang bagus. Buat beberapa versi yang menarik, mengupas fungsi, benefit, cara penggunaan dan keunggulan produk, dengan secara ringkas dan padat namun cukup rinci dan jelas, mudah dipahami.
Konten yang menarik dan berkualitas akan memikat perhatian audiens dan mengarahkan mereka untuk terlibat lebih lanjut dengan bisnis Anda. Jangan lupa untuk memanfaatkan SEO dalam pembuatan konten agar lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan di mesin pencari.
Selain itu, gunakan media sosial untuk mendistribusikan konten yang telah dibuat. Dengan strategi yang tepat, konten yang dibagikan dapat menyebar luas dan meningkatkan pengenalan merek secara signifikan.
Baca juga: Pentingnya digital marketing untuk UMKM
Buka Toko Online
Usahakan untuk membuka toko online. Jika produknya memungkinkan untuk dikirim dalam kondisi baik selama sekitar minimal 3 hari, dengan ongkos kirim yang tidak terlalu tinggi dan bisa dikemas dengan praktis. Bisa buka toko online di berbagai marketplace yang ada.
Sekali lagi kenali karakteristik tiap marketplace dan pilih sesuai karakteristik konsumen pemakainya. Pilih marketplace yang paling menguntungkan, yang menyediakan banyak benefit dan fasilitas. Toko online diperlukan guna meningkatkan transaksi penjualan dan memperluas pemasaran selain untuk beriklan.
Dengan membuka toko online, Anda dapat menjangkau pasar yang lebih luas, bahkan ke luar daerah atau luar negeri. Ini adalah salah satu langkah paling efektif untuk meningkatkan penjualan dan memperkuat posisi bisnis Anda di pasar yang semakin kompetitif.
Baca juga: Informasi terbaru tentang digital marketing
Efektif dan Efisien
Optimalkan berbagai fasilitas yang disediakan di tiap platform tersebut. Utamakan yang tak berbayar. Namun jika akan mendatangkan manfaat yang lebih besar dan cukup sebanding maka bisa gunakan fasilitas dan tools berbayarnya.
Dalam hal ini seperti PPC (Pay-Per-Click) Advertising di google, atau upgrade WhatsApp business, membayar jasa influencer, hingga upaya SEO (Search Engine Optimization) dan membayar jasa pembuat konten profesional. Lakukan analisa efisien dan efektifnya secara berkala.
Gabungkan dengan strategi marketing lainnya secara terintegrasi. Dalam hal ini seperti cashback, hingga aneka promosi seperti buy one get one untuk item tertentu, bonus pembelian dan lain sebagainya. Juga bisa lakukan kolaborasi dengan bisnis UMKM lainnya. Seperti beli keripik pisang dan teh melati atau kopi luwak, produk UMKM lain, dengan harga khusus, dan lain sebagainya.
Dengan strategi penggabungan ini, Anda dapat memaksimalkan potensi penjualan dan meningkatkan daya tarik bisnis di mata konsumen. Kolaborasi juga bisa membuka peluang baru untuk ekspansi bisnis ke pasar yang lebih luas.